Wisata Kalimantan Timur Derawan |www.indowalk.com

Tanjung Puting adalah tujuan wisata paling populer di Kalimantan dan tentunya karena alasan tertentu yang membuatnya begitu istimewa. Perjalanan wisata Tanjung Puting Kalimantan akan membuat Anda melihat Orang Utan yang bebas bergelantungan, makan, bermain atau berteriak. Perjalanan wisata ini juga akan menelusuri cerita sebuah hutan dengan sungai berkelok-kelok. Tanjung Puting memberikan petualangan kelas dunia yang menarik wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

Perjalanan Wisata Tanjung Puting Kalimantan

Tanjung Puting awalnya diberlakukan sebagai tempat pelestarian satwa liar oleh Belanda pada tahun 1939. Kemudian, dijadikan sebagai taman pelestarian dan menurut informasi yang tersebar secara internasional, sebagian besar upaya pelestariannya adalah berkat Dr Birute Galdikas, salah satu pendiri Camp Leakey – ahli primata betina, termasuk Dian Fossey dan Jane Goodall, dilatih oleh Louis Leakey. Wisata Kalimantan Timur Derawan, Dari situlah, perjalanan wisata Tanjung Puting Kalimantan kemudian dikenal di seluruh dunia sebagai wisata konservasi Orang Utan dan satwa liar lainnya. Ini pula yang menjadi alasan utama orang berkunjung.

Bekerja di Camp Leakey sejak tahun 1971, Galdikas telah membuat penemuan besar seperti siklus kelahiran delapan tahun kera besar, dimana hal ini membuat spesies tersebut sangat rentan terhadap kepunahan. Dia melakukan pendekatan langsung untuk merawat Orang Utan dan mungkin untuk itu ia telah kehilangan beberapa pendukung di masyarakat akademik dan konservasi, tapi tidak ada yang menyangkal bahwa ia memiliki pemahaman dan apresiasi terhadap makhluk menakjubkan tersebut dan ancaman yang mereka hadapi.

Wisata Kalimantan Timur Derawan

Ketika Anda mengikuti wisata Tanjung Puting Kalimantan dan menuju Camp Leakey, ada banyak hal yang akan Anda pelajari tentang Orang Utan maupun satwa liar lainnya. Nah, Anda dapat menggunakan Klotok, perauh tradisional yang akan berjalan di atas Sungai Sekonyer ke Camp Leakey. Selama perjalanan wisata, Anda berada di dek perahu dan mengamati hutan dengan teropong di satu tangan dan minuman di tangan lainnya. Makanan yang disajikan juga sangat fantastis begitu pula pemandangan liar hutan hujan di sini.

Di malam hari, Anda bisa melihat Bekantan turun dari puncak pohon ke sungai. Bisa juga ditemukan ketika siang hari. Tentu Anda tahu Bekantan, salah satu primata dengan hidungnya yang sangat khas dan hanya ditemukan di Kalimantan dan kadang-kadang Bekantan juga disebut monyet belanda. Pada malam hari, Anda akan tetap menikmati keindahan perjalanan wisata ini hingga tidur di atas perahu dan menikmati tidur terbaik, sementara dengungan dan gemericik suara dari hutan hujan akan menghiasi tidur Anda.

Wisata Tanjung Puting Kalimantan Dengan Klotok

Salah satu yang membuat perjalanan wisata Tanjung Puting Kalimantan tak pernah terlupakan adalah Anda akan menyusuri sungai dengan kehidupan liarnya dengan menggunakan Klotok. Nantinya, di beberapa stasiun pemberhentian Klotok, Anda akan melihat beberapa petugas membawa makanan berupa pisang dan susu atau lainnya yang akan diletakkan di tempat dimana Orang Utan akan datang untuk makan. Di sini tidak ada pagar atau kandang, tetapi Anda akan berada pada jarak aman dan dibatasi dengan tali.

Akan tetapi, batas tersebut diabaikan oleh Orang Utan itu sendiri yang sering berkeliaran santai dengan kerumunan mereka dan sesekali mengeluarkan suara menggertak kepada yang lain. Sementara beberapa Orang Utan muncul dan dapat menipu Anda karena terlihat jinak. Jangan coba-coba untuk menyentuh atau memberi mereka makan apalagi mendekati Orang Utan ibu yang bersama anaknya. Orang Utan beberapa kali lebih kuat dari Anda, dan mungkin akan menggigit jika diprovokasi.

Menariknya, sekarang ada lebih dari 60 klotok yang berjalan hampir tanpa henti selama musim kemarau yang sibuk (Juni sampai September), Ini dikarenakan potensi wisata Tanjung Puting Kalimantan yang terus meningkat. Seharusnya memang ada aturan oleh pihak pengelola taman untuk membatasi jumlah dan dampak mereka. Meskipun jumlah pengunjung meningkat, perjalanan masih berupa pengenalan yang baik tentang hutan hujan.

Wisata Kalimantan Timur Derawan, Salah satu pengalaman yang paling mengesankan yang Anda akan memiliki di sini adalah melihat kehidupan liar hutan hijau itu sendiri baik dengan Klotok atau berjalan. Terdapat lebih dari 200 varietas taman mekar anggrek liar terutama ketika Januari sampai Maret. Wisata Tanjung Puting Kalimantan memang akan menjadi perjalanan wisata yang sangat mengesankan dan tidak akan pernah bisa Anda lupakan selama hidup Anda. Cobalah ke sini.

Dan anda bisa temukan keseruan dan keceriaan dalam paket-paket outdoor menarik lainnya Klik disini

 

0812 9393 9797, Wisata Kalimantan Timur Derawan, Tour Borneo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 15 = 20